Jumat, Maret 18, 2011

Syukur dan Sabar


Jumat ini genap 3 bulan ane dah jalanin penempatan sementara di kantor. Setelah sebelumnya ditugaskan buat belajar lagi selama 2 tahun di Kampus Jurang "Maut", Bintaro. SK Penempatan Definitif yang ane tunggu bersama 200 rekan2 seangkatan lainnya tak kunjung terbit. Santer gosip beredar kalau surat itu bakal keluar hari ini, tapi ane kagak yakin gan.

Gak yakin bukan tanpa dasar, soalnya 3 minggu yang lalu beberapa rekan2, termasuk ane, baru aja ikutan tes TPA dan Interview Minat dan kemampuan untuk masuk ke salah satu Direktorat di Kantor Pusat. Kalo dihitung dari selesainya tahapan tes yg juga dilakukan di 2 daerah lain (Palembang n Medan), gak mungkin 3 minggu dah terbit tuh SK. Pastinya draft penempatan yang sebelumnya udah dibikin bakal di format ulang. Apalagi denger2 direktorat itu butuh 100 pegawai lebih, yang udah pengalaman tapi masih fresh. Cocok banget tuh ama kriteria temen2 angkatan ane.

Menunggu memang hal yang paling membosankan. Sebenarnya keluar atau gak tuh SK gak akan berpengaruh buat Take Home Pay yang kami dapat. Toh status kami sebagai Pegawai tugas belajar sudah dihapus, jadi penghasilannya udah kembali seperti sedia kala sama seperti sebelum tugas belajar.

Tapi setidaknya, ada banyak hal yang juga berhubungan erat dengan kepastian penempatan ini, buat ane lah paling gak:

1. Kepastian domisili, kalo SK dah keluar ane bisa memastikan ngontrak atau ngekos dimana. Kalo emang di Kantor Pusat, ane sementara gak usah pindah dulu dari Bintaro, pindah kos mungkin iya, tapi kalo wilayah kayaknya ntar dulu. Atau kalo misal nggak di Jakarta, ane bisa segera ngirim barang2 pribadi ane, kayak buku2 bacaan yang udah bejibun itu, ke homebase ane di samarinda, atau ane titipkan di rumah temen yg tinggal di seputar Jakarta.

2. Kepastian pendidikan. Di kantor ane, lulusan D3 belumlah cukup untuk bisa melanjutkan jenjang karir yang lebih tinggi, jadi mesti kuliah S1 dulu (di luar kedinasan) malam tentunya. Sedangkan untuk melanjutkan pendidikan kedinasan ke D4 mesti nunggu dulu sampai 2 tahun kerja lagi. Nah, kalo SK Penempatan ini urung keluar, ane mesti bingung mau kuliah dimana kan. Sayang donk kalo ane dah daftar di UI, misalnya, eh gak taunya ntar penempatannya malah di luar Jakarta.

3. Kepastian Pelatihan, selama status tempat kerja dan tanggung jawab belum jelas, ane juga bingung mau aplly tawaran2 diklat yang bertebaran di kantor.

4. Kepastian tanggung jawab pekerjaan. Pekerjaan yang diamanahkan selama magang sudah selesai, tak ada yg bisa dilakukan lagi. Alhasil, sekarang ane seperti MAGABUT aja, gak ada yang dikerjain.

Kadang saat ane bangun di pagi hari, terasa kurang semangat mau ke kantor. Datang cuma buat absen, malu lah, tanpa kontribusi.
Tapi balik lagi, ane harus bersyukur diberi kesempatan bekerja di tempat yang gak semua orang bisa masuk ini. Dan yang ane bisa lakukan sekarang ya menikmati masa2 nganggur ini, karena bukan gak mungkin, setelah penempatan ulang nanti, tak ada lagi waktu luang.

Dua hal yang wajib kita pegang dalam hidup: setiap berkah kita kunyah dengan SYUKUR, dan setiap penantian kita olah dengan SABAR. JIka bersyukur, nikmat akan ditambah, jika kufur....... jangan yah, semoga saja kita tak kufur. Insya Allah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar